jagstor

Header Banner JagoanStore

Senin, 19 Desember 2011

Liva Hadir dengan Harga Murah

Kehadiran produk Toyota termurah di India, Etios dan Liva, membuat sejumlah orang berspekulasi bahwa mobil akan hadir juga di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) adalah mengelak ketika dikonfirmasi sedang melakukan studi untuk pasar versi Etios hatchback, yang Liva ke Indonesia.

Kompas.com, Toyota tidak hanya mengincar pasar di Indonesia, tetapi juga memulai proses perakitan mobil Liva. Produksi dilakukan di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Dengan cara ini, harga jual akan lebih terjangkau atau kompetitif.

"Mungkin akhir 2012 atau 2013 jika semuanya berjalan lancar," kata sumber, Toyota beberapa waktu lalu. Dengan memproduksi Liva, otomatis kapasitas produksi TMMIN akan meningkat dari kapasitas saat ini 100.000 unit per tahun. Saat ini, waktu rata-rata produksi TMMIN pada tingkat 1,9 menit per unit.

Sumber tersebut mengatakan investasi akan dilakukan untuk memperlancar proses produksi atau praktis untuk 1,5 menit per unit. Dengan demikian, kapasitas untuk 200.000 unit per tahun. Masih spekulasi, investasi kabarnya bisa mencapai 200 juta dolar AS.

Jika demikian Liva akan di jual toyota untuk mengisi segmen bawah Yaris. "Mungkin itu harga menjadi Rp 150 juta per unit," kata sumber lain anonimitas Toyota. Di India, Livi diluncurkan April mendatang!

Dalam hal harga, Liva akan digabungkan dengan yang terbaik-menjual produk-produk Toyota di Indonesia, Avanza. Meskipun mirip, Toyota tetap yakin segmen MPV 7 pernumpang masih dewa terbesar sesuai dengan karakteristik konsumen Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar